PERSEPSI MAHASISWA TENTANG CARA MENGAJAR DOSEN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN MENGUASAI KANJI (Penelitian Terhadap Mahasiswa Tingkat III Program Studi Sastra Jepang UNIKOM)

Soni Mulyawan Setiana, M.Pd

Pengajar pada Program Studi Sastra Jepang Fakultas Sastra UNIKOM

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang persepsi mahasiswa terhadap dosen matakuliah kanji, kemampuan mahasiswa dalam menguasai kanji, dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara persepsi mahasiswa tentang cara mengajar dosen  terhadap kemampuan mahasiwa dalam menguasai kanji.. Instumen penelitian yang digunakan adalah tes, angket, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 7 (tujuh) orang mahasiswa atau sekitar 23,3 % mengatakan bahwa cara mengajar dosen matakuliah kanji adalah kurang baik, kemudian 8 (delapan) mahasiswa atau sekitar 26,7% mengatakan bahwa cara mengajar dosen matakuliah kanji adalah  cukup. Selanjutnya  8 (delapan) orang mahasiswa atau sekitar 26,7% mengatakan bahwa cara mengajar dosen matakuliah kanji adalah baik.  kemudian 7 (tujuh) mahasiswa atau sekitar 23,3% mengatakan bahwa cara mengajar dosen matakuliah kanji adalah  baik sekali.  Dari hasil tes diketahui bahwa kemampuan mahasiswa dalam membaca adalah  cukup dengan rata-rata 62,03.  Kemudian dari hasil uji korelasi diketahui bahwa terdapat  pengaruh antara persepsi  mahasiswa tentang cara mengajar dosen matakuliah kanji terhadap kemampuan mahasiswa dalam menguasai kanji. Hal ini diperkuat dengan besarnya hubungan yaitu  66,5 %

img254img255img256img257img258img259img260img261img262img263img264img265img266img267img268

Categories: Uncategorized | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: