Soni Mulyawan Setiana, M.Pd
Pengajar pada Program Studi Sastra Jepang Fakultas Sastra UNIKOM
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang persepsi mahasiswa terhadap dosen matakuliah kanji, kemampuan mahasiswa dalam menguasai kanji, dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara persepsi mahasiswa tentang cara mengajar dosen terhadap kemampuan mahasiwa dalam menguasai kanji.. Instumen penelitian yang digunakan adalah tes, angket, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 7 (tujuh) orang mahasiswa atau sekitar 23,3 % mengatakan bahwa cara mengajar dosen matakuliah kanji adalah kurang baik, kemudian 8 (delapan) mahasiswa atau sekitar 26,7% mengatakan bahwa cara mengajar dosen matakuliah kanji adalah cukup. Selanjutnya 8 (delapan) orang mahasiswa atau sekitar 26,7% mengatakan bahwa cara mengajar dosen matakuliah kanji adalah baik. kemudian 7 (tujuh) mahasiswa atau sekitar 23,3% mengatakan bahwa cara mengajar dosen matakuliah kanji adalah baik sekali. Dari hasil tes diketahui bahwa kemampuan mahasiswa dalam membaca adalah cukup dengan rata-rata 62,03. Kemudian dari hasil uji korelasi diketahui bahwa terdapat pengaruh antara persepsi mahasiswa tentang cara mengajar dosen matakuliah kanji terhadap kemampuan mahasiswa dalam menguasai kanji. Hal ini diperkuat dengan besarnya hubungan yaitu 66,5 %