ANALISIS MAKNA KANJI DENGAN BUSHU (氵) DALAM BUKU KANJI -O- GRAPHIX

Oleh : Marissa Cyntiasari

Abstrak 

Huruf kanji adalah huruf yang melambangkan makna. Setiap kanji memiliki bushu yang sangat erat kaitannya dengan makna yang dilambangkan oleh kanji tersebut. Untuk membuktikan apakah bushu dalam suatu kanji berpengaruh terhadap makna suatu kanji maka dalam penelitian ini akan diteliti makna kanji yang memiliki bushu sanzui. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, yaitu penelitian yang mencari dan mengumpulkan data yang dipergunakan kemudian menganalisis dan menyimpulkananya. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kanji dengan bushu sanzui (氵) yang memiliki makna air jika digabungkan dengan karakter lain, maka makna yang dihasilkan selalu berkaitan dengan air dan semua yang menyangkut sifat dan keadaan air, misalnya hanyut, aliran, larutan, menguap, bermuara, dan sebagainya.

Kata kunci : bushu, sanzui

A.      PENDAHULUAN

Seiring dengan perkembangan era globalisasi ini, keberadaan Jepang sebagai media komunikasi semakin dibutuhkan. Salah satunya adalah bahasa Jepang. Itu semua dikarenakan Jepang sebagai negara yang memepunyai kedudukan ditingkat internasional, dan Jepang juga menjalin kerja sama dengan negara-negara lain di dunia.
Namun dalam mempelajari bahasa Jepang tidaklah mudah. Hal ini disebabakan karena adanya perbedaan budaya dan aksara. Aksara Jepang tidak seperti huruf romawi, tetapi memiliki karakter yang khas, sulit, dan khusus.
Hampir semua pembelajar bahasa Jepang mengangap kanji adalah suatu yang menakutkan. Akan tetapi dalam bahasa Jepang, kanji memegang peranan yang sangat penting sehingga dapat dikatakan bahwa kanji adalah “tulang punggung” dalam kosa kata bahasa Jepang. Oleh karena itu, tanpa adanya kanji akan sangat membingungkan untuk mengetahui arti suatu kata sehingga dapat menimbulkan kesalah pahaman. Tetapi sebaliknya dengan kanji maka kita dapat memahami arti suatu kata dengan pasti dan kesalahan makana dapat dihindari. Hal itu dikarenakan banyak kosakata yang penuliasan secara romaji atau kana sama tetapi memiliki arti yang berbeda. Sehingga apabila tidak ditulis dengan kanji akan membingungkan dan tidak mustahil menimbulkan kesalah pahaman.
Dalam mempelajari kanji kita akan mengenal istilah yang dinamankan bushu. Bushu adalah bagian kanji yang menyatakan arti dasar dari suatu kanji, dengan kata lain bahwa bushu adalah “kunci” untuk menegtahui dan memahami makna dasar suatu kanji. Selain fungsinya sebagai ”kunci” untuk mengetahui dan memahami makna inti suatu kanji secara umum, juga sebagai salah satu cara yang digunakan orang Jepang, para mahasiswa ataupun pembelajar bahasa Jepang dalam mencari suatu kanji dalam Kanwa Jiten, baik untuk mengetahui cara bacanya atau pun artinya. Oleh sebab itu kamus-kamus yang diterbitkan di Jepang selalu dilengkapi dengan daftar bushu untuk memudahkan cara pemakaian.
Bushu sendiri terbagi kedalam 7 jenis bushu, yaitu : bushu hen yang berarti melihat bushu dari sebelah kiri kanji; bushu tsukuri berarti melihat bushu dari bagian kanan kanji; bushu kanmuri berarti melihat bushu dari bagaian atas kanji; bushu ashi berarti melihat kanji dari bagian bawah kanji; bushu tare  berarti melihat melihat bushu dari bagian atas dan kiri huruf kanji; bushu nyou berarti melihat bushu dari bagian kiri bawah; bushu kamae berarti melihat bushu dari bagaian luar sekeliling kanji.
Dalam penelitian ini penulis akan menginterpretasikan makna dari kanji yang  berkarakter dasar sanzui  (air) secara simbolik. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut:
1)        Bagaimana karakteristik air?
2)        Bagaimana makna simbolik dari kanji yang memiliki bushu sanzui berdasarkan makna dan karakter pembentuk lainya.
Sumber penelitian yang di gunakan hanyalah kanji-kanji yang menggunakan bushu sanzui, yang terdapat dalam buku Kanji Pict –O- Graphix. Hasil penelitian ini diharapkan dapat:
a)         Menambah pengetahuan khusus tentang kanji.
b)        Menjadi bahan acuan dalam memahami makna dari huruf kanji melalui bushu-nya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis, yaitu penelitian yang mencari dan mengumpulkan data yang dipergunakan kemudian menganalisis dan menyimpulkannya.

B.      PEMBAHASAN

Kanji merupakan satu tulisan berupa gambar atau lambang. Masing-masing lambang menunjukkan makna tertentu. Dan salah satu yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana makna kanji yang memiliki bushu atau lambang air.

1. Karakter Air

Air adalah subsistansi kimia dengan rumus kimia H2O: satu molekul air tersusun atas dua atom hidrogen yang secara kovalen pada satu atom oksigen. Air bersifat tidak berwarna, tidak berasa dan tidak berbau pada kondisi standar, yaitu pada tekanan 100 kPa (1 bar) dan temperatur 273, 15K (0C). Zat kimia ini merupakan zat pelarut yang sangat penting, memiliki kemampuan untuk melarutkan zat kimia lainya seperti garam, gula, asam, beberapa jenis gas, dan banyak macam molekul organik.
Dari sudut pandang biologi, air memiliki sifat-sifat yang penting untuk adanya kehidupan. Semua mahluk hidup memiliki ketergantungan yang besar terhadap air. Air juga memiliki peranan penting bagi metabolisme, fotosintetis, dan respirasi.
Dalam senin air dipelajari dengan cara yang berbeda, ia disajikan sebagai elemen langsung, tidak langsung, atau hanya sebagai simbol.

2. Analisis Kanji yang Menggunakan Bushu Sanzui

Dalam penelitian ini, penulis hanya membahas 23 kanji berkarakter dasar sanzui dengan perincian sebagai berikut :

a)      Kanji yang Menyatakan Kata Benda

湯、派、沖、湾、淵、海、洞、油、酒、汗、沸

b)     Kanji yang Menyatakan Kata Sifat

温、汚

c)      Kanji yang Menyatakan Kata Kerja

洗、流、浴、消、決、泌、泣、浮

 

2.1.  Kanji yang Menyatakan Kata Benda

1)      ,       kanji ini memiliki makna ‘ cuaca panas, air panas’

Kun yomi       :  ゆ

On yomi          : トウ

Kanji ini merupakan gabungan dari tiga unsur yaitu percikan air 氵、matahari 日、dan sinar. Sehingga apabila ketiga karakter itu di gabungkan maka akan didapat makna  ‘cuaca panas’ atau ‘air panas’. Hal tersebut dapat di interpretasikan bahwa matahari yang bersinar terik, akan mengubah suhu sehingga partikel air yang dingin pun akan berubah menjadi panas. Oleh karena itu kanji ini memiliki makna ‘cuaca panas’ atau ‘air panas’

2)      ,       kanji ini memiliki makna ‘fraksi’

Kun yomi       : –

On yomi          :

Kanji ini merupakan gabungan dari unsur ‘air’ dan ‘anak sungai’. Anak sungai adalah aliran air yang memiliki jalurnya sendiri sehingga bermuara kelautan. Sehingga apabila kedua unsur ini digabungkan maka akan didapat makna ‘fraksi’. Menurut kamus lengkap bahasa Indonesia, kata fraksi sendiri memiliki arti; bagian kecil atau pecahan, bagian dalam badan legislatif yang terdiri atas beberapa anggota yang sepaham dan sependirian.

3)      沖、    kanji ini memiliki makna ‘lepas pantai’

Kun yomi       : おき

On yomi          : チュウ

Kanji ini terdiri dari dua buah unsur yaitu ‘air’ dan ‘tengah-tengah’ atau ‘dalam’. Apabila kedua unsur ini digabungkan maka akan menghasilakan makna ‘lepas pantai’ . Kanji ‘chu’ini digunakan karena daratan perairan yang  paling  dalam berada di tengah-tengah, yaitu lepas pantai.

4)      、    kanji ini memiliki makna ‘pelabuhan’

Kun yomi       : みなと

On yomi          : コウ

Kanji ini terdiri dari tiga buah karakter yaitu ‘air’ , ‘bersama-sama’ dan ‘ diri sendiri’. Apabila ketiga karakter ini digabungkan maka akan membentuk makna ‘pelabuhan’.

5)      淵、    kanji ini memiliki makna ‘dalam air’ atau ‘jurang’

Kun yomi       : ふち

On yomi          : エン

Kanji ini terdiri dari dua buah unsur yaitu ‘air’ dan ‘papan’. Apabila kedua unsur ini digabungkan maka akan menghasilkan makna ‘dalam air’ atau ‘ jurang’. Interpretasinya adalah lereng yang menyerupai papan dan dapat di aliri air adalah ‘jurang’.

6)      、    kanji ini memiliki makna ‘pantai’

Kun yomi       : うみ

On yomi          :かい

Kanji ini terdiri dari tiga buah karakter yaitu ‘air’ , ‘orang’, dan ‘ibu’. Apabila ketiga karakter ini digabungkan maka akan menghasilkan makna ‘ pantai’. Interpretasi ini di ambil karena pantai atau laut adalah muara dari aliran air  yang merupaka  sumber kehidupan setiap mahluk hidup.

7)          kanji ini memiliki makna ‘ tembaga’

Kun yomi       : ひら

On yomi          :

Kanji ini terdiri dari dua buah unsur yaitu ‘air’  dan ‘sama’. Apabila kedua unsur ini di gabungkan makan akan menghasilkan makna ‘tembaga’. Interpretasi ini di ambil karena cairan mineral yang tersimpan pada tempat yang sama selama jutaan tahun, akan terbentuk menjadi logam penghantar panas yang baik yaitu tembaga.

8)          kanji ini memiliki makna ‘minyak’

Kun yomi       :あぶら

On yomi          :

Kanji ini terdiri dari dua buah unsur yaitu ‘air’ dan ‘tergantung‘ . Apabila kedua unsur ini digabungkan makan akan menghasilkan makna ‘ minyak’ . Kanji ini dapat di interpretasikan bahwa air yang dapat dihasilkan tergantung dari letak pengemborannya adalah ‘minyak’.

9)      酒、    kanji ini memiliki makna ‘sake, minuman beralkohol khas Jepang’

Kun yomi       : さけ、さか

On yomi          : シュ

Kanji ini terdiri dari dua buah unsur yaitu ‘air’ dan ‘anggur’. Apabila kedua unsur ini digabungkan makan akan menghasilkan makna ‘sake, minuman beralkohol khas Jepang’. Kani ini dapat di interpretasikan bahwa air anggur di Jepang yang dapat memabukan adalah ‘Shake’.

10)  汗、    kanji ini memiliki makna ‘ keringat’

Kun yomi       : あせ、あせばむ

On yomi          : カン

Kanji ini terdiri dari unsur ‘air’ dan ‘kering’. Apabila kedua unsure ini digabungkan maka akan menghasilkan makna ‘keringat’ . Kanji ini dapat di interpretasikan bahwa air yang keluar ketika keadaan kering atau panas adalah air keringat.

11)          kanji ini memiliki makna ‘mendidih’

Kun yomi       : わく、かす

On yomi          : フツ

Kanji ini terdiri dari dua unsur ‘air’ dan ‘meluap’. Apabila kedua unsur ini di gabungkan maka akan menghasilkan makna ‘mendidih’. Kanji ini dapat di interpretasikan bahwa air yang meluap ketika di masak adalah air yang telah ‘mendidih’.

2.2    Kanji yang Menyatakan Kata Sifat

1)      温、    kanji ini memiliki makna ‘hangat’

Kun yomi       : あたたかい、める

On yomi          : オン

Kanji ini terdiri dari tiga unsur ‘air’, ‘matahari’, dan ‘mangkuk’. Apabila ketiga unsur ini di gabungkan maka akan menghasilkan makna ‘hangat’. Kanji ini dapat di interpretasikan bahwa air dalam mangkuk yang diberikan sinar matahari akan menghasilkan uap air yang hangat.

2)      、    kanji ini memiliki makna ‘kotor’

Kun yomi       :けかえる、らわしい、よがれる、きたない

On  yomi         :

Kanji ini terdiri dari dua unsur yaitu ‘air’ dan ‘stagnan’ / ‘berhenti’ / ‘mandeg’. Apabila kedua unsur ini di gabungkan maka akan membentuk makna ‘kotor’. Kanji ini dapat di interpretasikan bahwa air yang tidak mengalir, diam atau mandeg memiliki kemungkina air itu ‘kotor’.

2.3    Kanji yang Menyatakan Kata Kerja

1)      洗、    kanji ini memiliki makna ‘mencuci’

Kun yomi       :あらう

On yomi        : セン

Kanji ini terdiri dari dua unsur yaitu ‘air’ dan ‘sebelumnya’. Apabila kedua unsur ini di gabungkan maka akan mementuk makna ‘mencuci’. Kanji ini dapat di interpretasikan bahwa, apabila kita akan ‘mecuci’ hendaklah kita menyiapkan air sebelumnya.

2)      流、    kanji ini memiliki makna ‘mengalir’ atau ‘aliran’

Kun yomi       :ながれる、す

On yomi        : リュウ、ル

kanji ini terdiri dari tiga unsur yaitu ‘air’, ‘orang’ dan ‘sungai’. Apabila ketiga kanji itu digabungkan maka akan membentuk makna ‘mengalir’ atau ‘aliran’. Kanji ini dapat di interpretasikan bahawa sungai yang deras airnya akan ‘mengalir’ kuat hingga dapat menghanyutakan seseorang.

3)      浴、    kanji ini memiliki makna ‘mandi’(dengan mengguyur badan)

Kun yomi       : あびる

On yomi          : オク

Kanji ini terdiri dari dua unsur yaitu ‘air’ dan ‘lembah’. Apabila kedua kanji ini digabungkan maka akan membentuk sebuah makan ‘mandi’. Kanji ini dapat di interpretasikan bahwa orang pada zaman dahulu melakukan aktifitas ‘mandi’ (dengan cara mengguyur badan) di tempat-tempat sumber mata air seperti lembah.

4)      消、    kanji ini memiliki makna ‘memadamkan’

Kun yomi       :けす、きえる

On yomi          :ショウ

Kanji ini terdiri dari tiga unsur yaitu ‘air’ , ‘sedikit’, dan ‘daging’. Apabila ketiga unsur ini di gabungkan makan akan membentuk makna ‘memadamkan’. Kanji ini dapat di interpretasikan bahwa sedikit air mampuh ‘memadamkan’  daging yang sedang di bakar.

5)      決、    kanji ini memiliki makna ‘memutuskan’ atau ‘menyelesaikan’

Kun yomi       :きまる、みめる

On yomi          :ケツ

Kanji ini terdiri dari dua unsur yaitu ‘air’ dan ‘memisahkan’. Apabila kedua unsur ini digabungkan maka akan membentuk makna ‘memutuskan’ atau ‘menyelesaikan’. Kanji ini dapat di interpretasikan bahwa memisahkan laju air sama seperti halnya ‘memutuskan’ aliran air dan membuat aliran baru.

6)      泌、    kanji ini memiliki makna ‘aliran’ atau ‘mensekresikan’

Kun yomi       :

On yomi          : ヒツ、ヒ

Kanji ini terdiri dari dua buah unsur yang pertama adalah ‘air’ kedua adalah ‘hati’ atau ‘jantung’. Apabila kedua unsur ini digabungkan maka akan membentuk makna ‘aliran’ atau ‘mengsekresikan’. Kanji ini dapat di interpretasikan bahwa darah adalah air yang di ‘alirkan’ atau ‘di sekresikan’ oleh jantung .

7)      泣、    kanji ini memiliki makna ‘menangis’

Kun yomi       : なく

On yomi          : キュウ

Kanji ini terdiri dari dua buah unsur yang pertama adalah ‘air’ yang kedua adalah ‘ berdiri’ . Apabila kedua unsur ini digabungkan maka akan membentuk makna  ‘menangis’. Kanji ini dapat di interpretasikan bahwa genangan air di mata ketika berdiri  adalah tanda bahwa akan segera ‘menangis’.

8)              kanji ini memiliki makna ‘singkatan’ atau ‘menyingkat’

Kun yomi       : うく、かべる、かぶ

On yomi          :

Kanji ini terdiri dari tiga unsur yaitu ‘air’, ‘tangan’ , dan ‘ bayi’. Apabila ketiga unsur ini digabungkan maka akan membentuk makna ‘mengapung’. Kanji ini dapat di interpretasikan menjadi tangan seorang ibu yang sedang menuntun bayinya untuk dapat berjalan ‘mengapung‘ di atas air.

C.      SIMPULAN

Setelah membahas penelitian yang berjudul “Interpretasi Makna Simbolik Pada Kanji Berkarakter Dasar Sanzui”, maka dapat di ambil kesimpulan sebagai berikut:

1)      Kanji adalah salah satu jenis tulisan ideografik yaitu tulisan yang berupa tanda atau lambang yang mempunyai makna.

2)      Pemahaman terhadap karakter dasar atau bushu merupakan langkah pertama untuk dapat mempermudah memahami arti kanji berdasarkan makna dari bushu itu sendiri dan hubunganyan dengan karakter lain pembentuk kanji.

3)      Pada prinsipnya  dalam pemahaman kanji, sangat diperlukan interpretasi dari makna masing-masing karakter dasar serta hubungannya dengan karakter pembentuknya. Mislanya 氵(sanzui) yang memiliki makna air jika digabungkan dengan karakter lain, maka makna yang dihasilkan selalu berkaitan dengan air dan semua yang menyangkut sifat dan keadaan air, misalnya hanyut, aliran, larutan, menguap, bermuara, dan sebagainya.

 DAFTAR PUSTAKA

Aminuddin.2001. Semantik : Pengantar Studi Tentang Makna. Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Nelson, Anderw. 2006. Kamus Kanji Moderen : Jepang – Indonesia. Jakarta : Ksaint Blanc.

Parera, J. D. 1990. Teori Semantik. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Rachman , Nur Irna. 2005. “Interpretasi Makna Simbolik Pada Kanji Berkarakter Onna “ (Skripsi). Program Studi Sastra Jepang Universitas Sumatra Utara.

Categories: Linguistik | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: