ANALISIS LAGU JEPANG “UE O MUITE ARUKOU – 上を向いて歩こう” KARYA KYU SAKAMOTO

Oleh : Riska Sri Rahmawati, SS

Abstrak

Sebuah lagu bisa menyampaikan perasaan penciptanya. Tidak hanya perasaan saja namun juga dapat menyampaikan pesan atau makna yang terkandung didalamnya. Sama halnya dengan lagu yang ada di belahan dunia manapun, lagu Jepang (lagu berbahasa Jepang) juga mempunyai kedua hal tersebut. Lagu Jepang selalu mempunyai makna atau pesan yang baik. Untuk membuktikan bahwa ada pesan atau makna yang terkandung dalam lagu Jepang maka dalam penelitian ini akan diteliti susunan lagu Jepang yang berjudul Ue o Muite Arukou” – 上を向いて歩こうdilihat dari segi karakteristik dan lain sebagainya. Dari hasil penelitian ini didapat kesimpulan bahwa lagu Jepang Ue o Muite Arukou mempunyai amanat, makna dan karakter yang kuat yang dilatarbelakangi oleh kesedihan.

Kata kunci :Ue o muite arukou, Kyu Sakamoto

A.      PENDAHULUAN

Lagu adalah salah satu dari sekian banyak ekspresi seni. Memadukan antara musik dengan lirik maka lagu dapat mengantarkan sebuah amanat,  makna dan perasaan penciptanya. Amanat maupun makna yang terkandung dalam sebuah lagu, ada yang disampaikan secara eksplisit atau inplisit. Semua itu dikarenakan ada beberapa faktor yang melatarbelakangi saat pencipta membuat sebuah lagu.
Tidak jauh berbeda dengan lagu yang ada dinegara manapun, lagu Jepang (lagu berbahasa Jepang) juga memiliki unsur-unsur tersebut. Lagu Jepang dikenal mempunyai lirik yang sangat indah dan tentunya membawa amanat yang baik serta makna yang mendalam. Salah satu lagu Jepang yang mempunyai unsur-unsur tersebut adalah lagu “Ue o muite arukou” yang dinyanyikan oleh Kyu Sakamoto.
Keindahan lirik pada lagu ini dan musik yang mudah diingat membuat penulis tertarik untuk membahas mengenai amanat, makna dan karakter yang terdapat dalam lagu ini.

1.        Judul Lagu

“Ue o muite arukō” (上を向いて歩こう mari berjalan sambil melihat ke atas) di luar Jepang lagu ini lebih dikenal dengan judul “Sukiyaki.” Lagu ini pertama kali dirilis di Jepang oleh Toshiba di tahun 1961. Kemudian pada tahun 1963, perusahaan rekaman Inggris berlabel Pye Records mengeluarkan cover version yang diberi nama “Sukiyaki” dibawakan Kenny Ball and his Jazzmen.

Setelah lagu ini populer mulailah dibuat cover version-nya oleh beberapa artis di beberapa negara. Diantaranya  adalah :

  • Versi bahasa Inggris dan Jerman        : Blue Diamonds
  • Versi  bahasa Kreol-Haiti               : Boukman Eksperyans
  • Versi bahasa Firlandia                    : Brita Koivunen
  • Versi bahasa Prancis                      : Margot Lefebvre
  • Versi bahasa Spanyol                      : Melcochita
  • Versi bahasa Belanda                      : Pat Donahue
  • Versi bahasa Philipina                    : Quamo
  • Versi bahasa Tionghoa                     : Teresa Carpio & HKPO
  • Versi bahasa Indonesia                    : Warkop DKI

2.        Penyanyi

Kyu Sakamoto (坂本 九 Sakamoto Kyū, lahir Hisashi Oshima (大島九 Ōshima Hisashi), 10 Desember 1941 – 12 Agustus 1985) merupakan seorang aktor dan penyanyi berkebangsaan Jepang. Dia dilahirkan di Kawasaki, Prefektur Kanagawa. Dia menjadi terkenal saat menyanyikan lagu utamanya seperti “Ashita ga Aru Sa”. Dia wafat pada tahun 1985 akibat kecelakaan pesawat Japan Airlines penerbangan 123.

3.        Pencipta Lagu

Lagu ini diciptakan oleh Rokusuke Ei dan Hachidai Nakamura. Melodi lagu ini terdengar seperti lagu gembira bagi pendengar yang tidak memperhatikan lirik lagu yang sebenarnya bernada sedih: “Marilah berjalan sambil melihat ke atas, supaya air mata tidak jatuh ke pipi.” Pada 16 Maret 1999, kantor pos Jepang memberikan penghargaan khusus pada lagu legendaris ini.

4.        Lirik Lagu上を向いて歩こう (Ue o Muite Arukou)

Categories: Uncategorized | 1 Comment

Post navigation

One thought on “ANALISIS LAGU JEPANG “UE O MUITE ARUKOU – 上を向いて歩こう” KARYA KYU SAKAMOTO

  1. lagu kesukaan saya nih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: